kontemplatif

Mandi

Kita semua pasti selalu melakukan aktivitas mandi secara rutin dan teratur. Mandi untuk sebagian kebudayaan malah merupakan suatu ritual penting yang melambangkan pembersihan diri dari dosa-dosa yang melekat pada tubuh. Dan tidak terhitung manfaat kesehatan yang kita peroleh dengan mandi.

Mengapa tiba-tiba saya membahas hal remeh-temeh seperti ini? Mungkin semua berawal dari kebiasaan saya berpikir dan berkontemplasi saat sedang berada ditempat yang penuh dengan air tersebut. Pagi hari saat mandi saya selalu berpikir mengenai hal-hal yang akan saya kerjakan ketika hari berjalan. Sorenya ketika mandi saya selalu merenungkan apa yang telah saya kerjakan, dan apakah keringat dan bau badan saya sepadan dengan dengan hasil yang didapatkan pada hari tersebut. Mungkin anda juga melakukan hal yang sama setiap harinya.

Buat saya mandi adalah mengenai persiapan dan perenungan mengenai hidup. Mandi juga merupakan simbolisasi pencucian jiwa dan raga agar tetap bersinar dan tidak “kotor”. Hal itulah yang kemudian membuat saya berpikir bahwa istilah “cuci-tangan” mungkin dibuat oleh orang bijak jaman dahulu untuk menggambarkan pelarian diri dari kesalahan yang telah diperbuat. Mungkin tangannya telah dicuci agar terlihat bersih di mata orang lain, tetapi hati dan bagian tubuh yang lainnya tetap tidak bersih.

Jadi, para koruptor janganlah hanya “cuci tangan” saja. Tetapi hendaklah “mandi” hingga sadar, mengakui kesalahan, dan bersih kembali.

Satu pemikiran pada “Mandi

  1. aneh,
    orang mah memikirkan yang dilakukan hari itu biasanya pas mau tidur, dia pas mandi sore..
    hehehehe

    koruptor kan emang gak pernah mandi don, makanya bau2 semua….

Tinggalkan Balasan

